Februari 13, 2009

JERAWAT...???


Allouw readers... Tentu qta mua dah ga asing lagi dunkz ma istilah jerawat... Ni low...da artikel bagus wat nambah wawasan qta about... Jerawat... Apa itu jerawat??? Jerawat tu... swatu peradangan kelenjar unit pilosebaseus yang disertai sumbatan keratin pada kulit.
(trus apa tuh kelenjar unit pilosebaseus??? Keratin???)
Kelanjar unit pilosebaseus tuh tempat keluarnya rambut di kulit beserta kelenjarnya. Sedangkan yang dimaksud dengan keratin adalah lapisan paling luar dari kulit ari.

Tipe jerat

Type of Acne

(Tyuz gemana ci qo bisa jadi jerat???)
Proses terjadinya jerawat
gini low... paz Keratin lepas en' tertumpuk di kulit, muara kelenjar unit pilosebaseus bakal tersumbat. Nah penyumbatan ni menyebabkan getah kelenjar pilosebaseus tidak dapat keluar, so timbullah tonjolan pada permukaan kulit yang kita sebut dengan ‘jerawat’.

penyumbatan tu bakal lebih parah lo mpe terjadi infeksi oleh bakteri propionibacterium, sehingga terjadilah peradangan.

Lo qta lyat dari segi tempat munculnya, secara umum jerawat dapat dibagi menjadi dua, yaitu jerawat wajah dan jerawat badan. Sedangkan jika dilihat dari segi tingkat keparahannya, jerawat dapat terbagi menjadi tiga yaitu komedo, jerawat klasik (pimple) dan jerawat batu (cystic acne).

Jerawat komedo
Komedo muncul karena adanya sumbatan di pori-pori kulit yang disebabkan coz adanya sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang terlalu berlebihan pada kulit. Komedo dapat dibagi lagi menjadi dua, yaitu blackhead dan whitehead.

Blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar berwarna hitam -karena penyumbatan-. Blackhead dikatakan sebagai whitehead saat ada lapisan kulit baru yang tumbuh di atas penyumbatan tersebut. Hal itu yang menyebabkan warnanya berubah menjadi keputih-putihan en' disebut sebagai whitehead.

Jerawat klasik (pimple/acne vulgaris): Jerawat jenis ini berbentuk tonjolan -yang lebih besar dari komedo- kecil berwarna merah mudah. Jerawat jenis inilah yang paling banyak diidap oleh anak yang sedang memasuki usia pubertas.

Jerawat batu (cystic acne): Jerawat batu berukuran lebih besar dari jerawat klasik. Penyebab jerawat batu adalah lebih dikarenakan faktor genetik atau keturuan. Jerawat batu timbul karena kelenjar minyak yang sangat over-aktif dan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak secepat kulit normal.

Nah... readers dah pada tauw kan about jerawat...
Sekarang gni... mo tao cara pencegahannya nda...???

Ni beberapa hal yang dapat qta coba wat nyegah timbulnya jerat di kulit:
  • Banyak mengkonsumsi makanan segar dan alami. Sebagai kebalikannya, hindari mengkonsumsi makanan yang diawetkan atau yang mengandung bahan kimia seperti snack dan softdrink.
  • Olah raga secara teratur.
  • Hindari alkohol dan rokok.
  • Gunakan sabun pencuci muka yang cocok untuk jenis kulit anda.
  • Rajin minum air putih.
  • Hindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya jerawat (baca Penyebab jerawat).
  • Jangan menggunakan make up secara berlebihan.
  • Anda dapat melakukan scrubbing secara rutin untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Jangan melakukan scrubbing pada bagian kulit yang sudah terlanjur berjerawat, terutama jerawat jenis classic dan jerawat batu. melakukan scrubbing pada bagian kulit yang berjerawat dapat memperparah peradangan pada jerawat tersebut.

Kusus untuk jerawat di tubuh, hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi body acne adalah sebagai berikut.

  • Gunakanlah kain pakaian yang dapat menyerap keringat seperti katun pada saat anda berada di tempat atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat.
(Tyuz...lo q dah terlanjur jerat gemana??? Bawaanya pengen mencet...aj.)

Oouw.....
Gemana yah???
Bentar...t'cariin dulu yaw..

Hm... gni.....

Lo readers pengen mencet jerawat komedo anda, maka berikut ini adalah sedikit tips yang bisa diterapkan:
1. Pastikan bahwa jerawat yang mo dipencet bukan jerawat yang meradang. Jerawat yang meradang ditandai dengan warnanya yang merah, rasa sedikit gatal, ukurannya yang besar, dan adanya cairan putih berada di dalam kulit yang meradang. Hanya jerawat tipe komedo saja yang setidaknya bisa anda pencet. Adapun jerawat yang lebih besar dari komedo, walaupun belum meradang, sangat tidak dianjurkan wat dipencet-pencet.

2. Uapkan bagian kulit yang berkomedo agar pori-pori sedikit membesar dan dapat mempermudah proses pengeluaran komedo. Anda dapat melakukannya dengan cara merebus air secukupnya, kemudian apabila telah muncul uap airnya, posisikan wajah anda di dekat uap tersebut.

3. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan kulit yang terkena jerawat, tangan atau alat lain yang digunakan untuk memencet jerawat anda.

Atawa kalian bisa menggunakan Komedo Ekstraktor
yaitu alat yang digunakan wat ngebantu memencet/mengeluarkan komedo. Alat ini berbentuk seperti pinset. Bedanya, pada ujungnya dibuat dengan desain kusus untuk membantu mempermudah proses pemencetan komedo.
(Tyuz gemana cara pake'nya???)
Berikut ini adalah tutorial singkatnya:
Sebelum menggunakan komedo ekstraktor, jangan lupa tentang ketika 3 tips diatas.
Setelah itu anda dapat mensterilkan alat komedo ekstraktor dengan cara mencelupkannya ke dalam larutan alkohol selama kurang lebih 1 menit.

Tekan secara lembut komedo anda dengan menggunakan ujung alat tersebut.

Untuk komedo tipe whitehead, tekan secara lembut dengan menggunakan ujung alat, kemudian putar ujung alat di atas komedo whitehead tersebut.

Setelah komedo berhasil dikeluarkan, anda dapat mengusapkan sedikit cairan alkohol ke area bekas komedo tersebut untuk membunuh bakteri.

Gambar komedo ekstraktor dan link pemesanan melalui Amazon.Com

4รถ Stainless Steel, two sided. Small loop used for whiteheads; flat side used to extract blackheads.



Gimana...? masih pusing ngadepin jerawat...?..?..?...
Dicoba dulu artikel di atas yaw...

Zemangadzzz...!!!..
Jerat...??? Syapa Takutz...???!!!

See U...

Tidak ada komentar: